Ilmu Kelautan ; Disiplin Ilmu yang sangat menjanjikan sejak sekarang sampai masa depan

Furkon_FPIK UNPAD’08

Sabtu, 1 Januari 2011

Tak ada yang dapat mengelak dengan fakta bahwa Indonesia adalah Negara kepulauan yang memiliki sumberdaya alam yang sangat melimpah. Sumberdaya alam yang sejak dahulu sampai sekarang tak pernah habis. Salah satu sumberdaya alam yang sangat menjanjikan adalah dalam sektor kelautan. Potensi sumberdaya alam kelautan Indonesia sangat menjanjikan untuk dijadikan sebagai objek utama dalam meningkatkan keseimbangan kehidupan berbangsa dan bernegara. Sejarah mengatakan bahwa dibalik setiap potensi sumberdaya alam suatu bangsa, selalu ada ancaman dan tantangan yang menyertainya, begitu pula dengan sumberdaya alam kelautan Indonesia.

Kelautan Indonesia sangat strategis dalam menyokong pembangunan Indonesia secara berkelanjutan dan menyeluruh bersama sektor pertanian dan sektor migas. Namun sekaligus menjadikan ancaman yang sangat serius dalam masa mendatang jika tidak dikelola dengan baik dan benar. Sektor kelautan Indonesia dikatakan menjanjikan karena yang pertama adalah wilayah Indonesia lebih dari 60% terdiri dari perairan laut. Hal ini tentu melahirkan konsekuensi bahwa pemerintah bersama masyarakat harus dapat sinergis dalam menciptakan sebuah pengelolaan laut yang berkelanjutan.

Hal yang menjanjikan selanjutnya adalah banyaknya pulau-pulau kecil Indonesia yang belum termanfaatkan secara optimal. Dengan jumlah total 17.497 pulau, Indonesia tentu memliki peluang besar untuk menjadi Negara besar dalam beberapa tahun ke depan. Lagi-lagi jika dikelola dengan baik dan benar. Dengan karakteristik tersebut, ternyata sarana dan prasarana yang ada belum dapat dikatakan memadai, salah satu sarana dan prasarana yang paling dibutuhkan oleh masyarakat adalah transportasi laut yang murah dan mudah diakses. Dengan adanya transportasi laut yang memadai tentu akan lebih memudahkan akses kehidupan bermasyarakat rakyat Indonesia yang menurut UNCLOS 1986 bahwa Indonesia disatukan oleh perairan laut. Artinya harus ada moda transportasi yang memadai, baik dalam hal kualitas, kuantitas, harga dan yang paling penting adalah akses yang mudah untuk rakyat kecil.

Empat bidang yang sangat potensi dan menjanjikan untuk masa depan dalam sektor kelautan adalah Remote sensing kelautan, bioteknologi kelautan, pengendalian kerusakan laut dan pesisir serta budidaya laut.

Dari sisi ekonomi, potensi kelautan Indonesia sangat menggiurkan, lihat saja, perkiraan nilai ekonomi potensi dan kekayaan laut Indonesia yang telah dihitung para pakar dan lembaga terkait dalam setahun mencapai 149,94 miliar dolar AS atau sekitar Rp. 14.994 triliun. Potensi ekonomi kekayaan laut tersebut meluputi perikanan senilai 31,94 dolar AS, wilayah pesisir lestari 56 miliar dolar AS, bioteknologi laut total 40 miliar dolar AS, wisata bahari senilai 2 miliar dolar AS, minyak bumi sebesar 6,64 miliar dolar AS dan transportasi laut sebesar 20 miliar dolar AS (Kompas, 6/11/2009).

Dari hasil paparan diatas, jelas dapat dikatakan bahwa disiplin ilmu kelautan merupakan disiplin ilmu yang sangat menjanjikan untuk Kelautan Indonesia saat ini dan masa depan. Pertanyaan besarnya adalah, sudah siapkah Anda untuk turut serta berkontribusi terhadap kemajuan kelautan Indonesia?

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s