Momentum itu kini telah Berjalan 2 Hari

Korelasi Antara Perayaan Momentum itu dengan Cerminan Hari Ini

Furkon_FPIK UNPAD’08

 

Momentum itu bernama pergantian hari antara tahun 2010 dengan tahun 2011. Momentum yang bagi sebagian besar, bahkan hampir dapat dikatakan bagi semua, menjadi sebuah tradisi untuk senantiasa mentekadkan diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Lebih baik dari segala aspek yang menjadi aktivitas sepanjang hari ditahun 2010. Pertanyaan besarnya adalah sudahkah tekad tersebut terimplikasikan dalam sebuah tindakan yang lebih nyata dan dekat?

Apa saja yang harus lebih baik dari tahun sebelumnya mungkin menjadi sebuah pertanyaan general yang ada dalam setiap pikiran kita yang telah menyertakan diri berhasil melewati tantangan dalam sepanjang hari pada tahun 2010.

Namun kini momentum perbaikan diri tersebut telah berjalan 2 hari, artinya sudah 1 hari waktu yang kita lewati paska perayaan yang sangat gegap gempita itu. Adakah sebuah korelasi antara perayaan momentum tersebut dengang cerminan kehidupan kita hari ini? Beruntung bagi orang yang dengan sigap merespon momentum tersebut dengan sebuah perencanaan dan komitmen untuk menjalankannya pada hari pertama tahun 2011, ingat loh hari pertama tahun 2011, hari pertama tahun 2011. Dan sekarang telah menginjak hari kedua. Dan bukan tak mungkin pada hari-hari berikutnya akan sama pada kondisi hari ini, jika kita kalah dalam mempersiapkannya. Ah, mungkin kita masih dalam perencanaan untuk menjadi pribadi yang lebih baik, dan sekarang masih dalam tahapan proses.

Pertanyaan besar kini menyelimuti diri, apa saja yang harus lebih baik. Apakah kita sudah mengenal diri kita lebih dalam? Karena barangsiapa yang mengenal dirinya, maka dia akan mengenal Tuhannya. Apakah kita sudah mencoba mengevaluasi diri terhadap “bayaran” kita terhadap Tuhan yang berupa kewajiban-kewajiban yang mungkin masih belum maksimal hingga saat ini. Apakah pada hari ini kita sudah merencanakan dengan jelas arah kehidupan yang akan dan mau kita lalui pada tahun ini? Karena bisa jadi kita hari ini adalah cerminan ketidaksiapan perencanaan kita pada hari-hari sebelumnya.

Momentum perbaikan semoga tidak hanya lahir dari ucapan-ucapan yang tak bertanggungjawab, bukan hanya lahir dari “update-update status di facebook”, dan bukan hanya keluar ketika kita menyaksikan gegap gempita pergantian tahun. Namun, semoga momentum perbaikan keluar dari hasil evaluasi tegas dan menyeluruh terhadap apa yang telah kita lakukan, mencari titik kekurangan yang ada, dan mencoba segera menambal, untuk menjadi pribadi yang lebih baik, bukan menjadi pribadi yang sempurna, ingat tugas kita hanya menjadi manusia yang senantiasa berbuat lebih baik setiap saat, karena kesempurnaan hanya milik Tuhan.

Ingat, hari ini adalah hari kedua, hari kedua dan hari kedua pada lembaran baru tahun ini.

Selamat berkarya untuk diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa dan agama…

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s