Optimisme Dunia Bahari Indonesia ; Pasca Pengumuman Kabinet Kerja Jokowi-JK

Sebagai Alumni Program Studi Ilmu Kelautan Universitas Padjadjaran, saya cukup optimis dengan dipilihnya Bapak Indroyono Soesilo sebagai Menko Bidang Kemaritiman, dengan pengalaman menjadi manusia Indonesia pertama dan satu-satu nya yang menjadi pejabat teras, sebagai Direktur Sumberdaya Perikanan dan Akuakultur di FAO United Nations.

Kemudian berturut-turut beliau membawahi 4 kementerian yang sangat strategis dalam mendukung upaya kemajuan dunia bahari Indonesia, ada Kementerian Perhubungan yang dipegang oleh sosok berprestasi di Bidang KAI, Bapak Ignasius Johan. Selanjutnya ada Kementerian Kelautan dan Perikanan yang kini dipegang oleh sosok pebisnis On Top yang memulai bisnisnya dari bawah, dengan pengalaman dan capaian nya yang prestatif dan kompetitif di bidang sumberdaya perikanan, Ibu Sisu Pudjiastuti.

Kemudian ada President Director dari PT. TELKOM Indonesia, Bapak Arief Yahya di Kementerian Pariwisata dan dilengkapi dengan tokoh pembangkit dan penjaga prestasi alutsista Indonesia melalui PT. PINDAD, Bapak Sudirman Said di Kementerian ESDM.

Dari stuktur kemenkoan ini, tampaknya Jokowi-JK ingin benar-benar mengembalikan kejayaan Indonesia sebagai Bangsa Bahari. Sepertinya beliau juga ingin membangkitkan perekonomian masyarakat pesisir dengan meningkatkan kualitas transportasi laut, darat dan udara sebagai penyambung antar pulau, kemudian dalam bidang pariwisata laut yang sedang on the track dan sangat potensial untuk masa depan serta sumberdaya energi dan mineral yang sudah mulai difokuskan di pesisir laut.

Beliau juga ingin melepaskan conflict of interest khusus untuk di kemenkoan ini, mulai dari menko hingga menteri-menteri dibawahnya semua berasal dari kalangan profesional dan praktisi.

Tak sabar rasanya menanti tangan dingin Bapak Indroyono, Ibu Susi, Bapak Ignasius, Bapak Arief dan Bapak Sudirman Said. Menuju Indonesia sebagai Negeri Bahari yang Mandiri, Sejahtera, Maju dan Berkepribadian Luhur. Selamat bekerja Bapak Jokowi-JK beserta Kabinet. Kami tidak akan menjadi masyarakat yang menghakimi sebelum melihat kinerja pemerintahan. Kerja Kerja Kerja….

‪#‎salambahari‬

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s